Trimester kedua dimulai pada minggu ke 13 sampai dengan minggu ke 25, berikut akan di bahas perkembangan janin pada minggu ke 16,20 dan 24

  Minggu ke – Enam Belas

Bagaimana bentuk bayi Anda?

Panjangnya sekitar 12cm dan beratnya 130gr. Walau kecil, lengan, tungkai, serta karakteristiknya telah terbentuk, dan lebih proposional. Karena tak ada lagi lapisan lemak, ia terlihat kurus. Kulitnya sangat tipis dan transparan sehingga pembuluh darah dibawahnya terlihat jelas. Ia sangat aktif, bisa mengepalkan tangan, mengisap ibu jari, menelan cairan, dan mengeluarkan zat buangan ke cairan ketuban.

 Kepala

Tulang wajah telah terbentuk sehingga pemeriksaan scan memperlihatkan karakteristik yang lebih nyata, misalnya terlihat mulut dan hidung. Karena otot wajah sudah berkembang, ekpresi wajahnya mulai terlihat, walau tak terkontrol. Mata mulai peka terhadap perubahan cahaya walau masih tertutup rapat. Alis dan bulu mata yang sangat halus tumbuh, dan alat perasa muncul dilidah. Hingga minggu ke-16, tulang kecil dibelakang kuping mengeras, dan bayi anda mulai mendengar bunyi-bunyi pertama.

 Tungkai dan Lengan

Pertumbuhan tungkai sudah menyamai pertumbuhan lengan dan sekarang lebih panjang daripada lengan. Kuku jari tangan bermunculan, tetapi kuku jari kaki baru tumbuh kemudian. 

Sistem Syaraf

Kemampuan gerak bayi bertambah, karena system syarafnya sudah berkembang.

Lapisan lemak (myelin) mulai melapisi saraf-saraf penghubungotot ke otak.. ini penting, sebab begitu terbentuk, pesan dapat dikirim ke dan dari otak. Sehingga gerakan bisa terkoordinasi.

Sistem penunjang hidup bayi

Didalam kantung selaput , bayi Anda dikelilingi cairan ketuban yang berfungsi sebagai pelindung, sehingga bisa bergerak bebas dan mengembangkan kekuatan ototnya. Bayi Anda bias berjumpalitan dengan cepat, namun Anda umumnya belum bisa merasakan gerakan-gerakan tersebut karena adanya cairan ketuban yang mengelilinginya.

Minggu ke-DuaPuluh

Bagaimana bentuk bayi Anda

Hingga minggu ke-20, panjang janin sekitar 16cm dan berat sekitar 340gr. Laju pertumbuhannya kini melambat untuk memberi waktu bagi paru-paru, system pencernaan, dan system kekebalan berkembang lebih lanjut. Bayi anda kini bias mendengar dengan baik, dan suara akan membuatnya meloncat. Anda bias merasakan gerakan ini dengan jelas.

Kepala dan wajah

Mata tertutup rapat, tapi bisa bergerak pelan dari kiri ke kanan. Alat perasa sangat berkembang dan gigi pertama telah terbentuk di gusi. 

Badan

Tak sekurus bulan lalu karena sudah dilapisi lemak. Warna ada yang kecoklatan (lemak coklat) dan ada di sekitar tengkuk, ginjal, tulang belakang, dada. Lapisan lemak putih (lemak pada umumnya) juga ada pada tubuh bagian yang lain. 

Kulit dan Rambut

Kulit ditutupi rambut halus yang disebut laguno dan lapisan pelidung berupa krim putih tebal yang disebut vernix 

Apa yang terjadi pada tubuh bayi anda

Gerakan-gerakan sudah jauh lebih terkoordinasi, organ reproduksi bayi kini berkembang dengan cepat. 

Gerakan-gerakan

Gerakan-gerakan bayi Anda jauh lebih aktif, mempunyai kendali lebih besar karena otot-otot dan system syarafnya sudah lebih berkembang. Sebagian besar organ penting sudah mulai berfungsi

 Organ Kelamin

Berkembang baik dan dapat dilihat lewat pemeriksaan scan. Pada bayi perempuan, induk telur berisi sekitar tujuh juta sel telur. Puting dan kelenjar susu juga sudah mulai normal.

 Sistem penunjang hidup bayi

Mulai saat ini, plasenta telah berkembang sempurna akan memenuhi kebutuhan janin hingga saat dilahirkan. Selain menyediakan oksigen, nutrisi dan antibody yang bersifat melindungi, plasenta juga membuang zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh, ukurannya sekarang lebih kecil daripada ukuran bayi anda.

Minggu ke- Dua Puluh Empat

Seperti apakah bentuk bayi Anda?

Hingga minggu ke -24, bayi tumbuh lebih kuat dan beratnya bertambah sekitar 500gr dalam bulan terakhir. Panjangnya 21cm dan beratnya 630gr.

Kulit

Tipis, tapi tidak tembus cahaya. Warna kemerahan dan agak keriput karena lapisan lemak belum terbentuk.

Mata

Mulai terbuka pada minggu ke-22 hingga minggu ke-24

Apa yang terjadi pada tubuh bayi Anda?

Janin dikelilingi 500ml cairan ketuban dan bisa bergerak bebas, menendang, menghisap ibu jari, membuka dan menutu mulut, bereaksi dengan gerakan atau suara keras. Detak jantung sekitar 140-150 kali per menit. Anda bisa mendapatkan hasil cetakan detak jantungnya dalam cetakan mesin CGT. Semua organ penting sudah berfungsi.

 Otak dan Syaraf

 Bila gelombang otak bayi Anda dilihat lewat alat monitor EEG (electro-enchephalogram), gelombang menyerupai gelombang bayi yang baru lahir. Sel-sel pengedali pikiran sadar berkembang, dan ia menjadi lebih sensitif terhadap suara dan gerakan. Pada tahap ini bayi diperkirakan sudah mempunyai siklus tidur dan terjaga.

Paru –paru

Paru – paru yang penuh cairan ketuban adalah organ yang paling belum sempurna dan masih membutuhkan beberapa minggu hingga semua kantung udara (alveoli) terbentuk sempurna.

Sistem Pencernaan

Bayi Anda secara konstan menelan dan mengeluararkan cairan ketuban.

Sistem penunjang hidup bayi

Dinding – dinding pembuluh darah kecil ( vili ) jaringan plasenta menipis dan mudah ditembus cairan seiring berkembangnya kehamilan, sehingga jumlah nutrisi yang diterima bayi bertambah, dan zat buangan dalam tubuhpun menjadi bertambah banyak.